Thursday, February 12, 2009

Tana Toraja - Negeri di Atas Awan

22 Desember 2008 kmaren, untuk pertama kalinya gw berkunjung ke Tana Toraja, tempat pariwisata di Indonesia yang katanya no.2 paling byk dikunjungi setelah Bali.

How to get there:
Brangkat dari Makassar siang, naik Bis executive, Litha.Co. Perjalanan butuh waktu sekitar 8-10 jam. Makanya butuh banget bis yang nyaman! Litha.Co sendiri menurut gw ok jg...ada AC, tempat duduk dua-dua, ada sandaran buat kaki dan jaraknya juga jauh jadi bisa slonjoran puassss! Tapi sayangnya gak ada toilet di dalem, meski sebnernya itu ngga jadi masalah sih karena bisnya juga bersedia berenti di beberapa tempat. Enaknya lagi sama bis ini, kita bisa dianterin sampe depan hotel di Rante Pao (tempat gw nginep).
Ongkos Bis ini untuk sekali perjalanannya Rp 80.000,-

Note: Bawa snack & makanan sendiri (warung pit stop-nya mahal bgt!), tiap kali bis brenti usahain turun buat ngelemesin kaki, bawa buku bacaan ato musik biar ngga mati gaya.

Where to stay:
Di ujung kota Rante Pao, ada penginapan yang namanya 'Pia Poppies'. Kedengerannya familiar ya? Mirip jalan di Bali. Dan bener aja! Ternyata pemilik penginapan ini dulu pernah kerja di salah satu hotel di jalan Poppies.
Pia Poppies itu sendiri terletak di lembah, jadi kalo dari kamar, kita bisa liat ke bawah, nikmatin pemandangan kota Tana Toraja. Interior hotel itu bergaya natural sekali! Banyak perabotannya sperti bangku, meja, dinding, bahkan bathtub-nya memakai batu-batuan alam. Kesannya sejuk deh! Indah banget!!
Karena Pia Poppies kesebut di Lonely Planet, jadi jangan heran klo nginep kita bisa jadi satu-satunya tamu Indonesia. Kebanyakan tamu-tamunya orang bule! Tapi meski gitu si pemilik hotel paling suka sama tamu dari Indonesia, karena mereka bisa ngobrol dan cerita macam-macam. Dan kebanyakan tamu Indonesia lebih sopan dalam artian jarang yang sampe mabuk2an ngga karuan.

Pia Poppies Hotel & Restaurant
Jl.Pongtiku, Tana Toraja
Telp: 0423-21121 (lebih baik telp dulu untuk booking)
Rate: Rp 80.000/malam





The View:
Begitu gw sampe di Tana Toraja,dari kejauhan kok gw ngeliat Toraja seperti di selimuti awan putih. Entah awannya yang rendah atau Torajanya yang tinggi, kesannya tuh seperti negeri di atas awan. Suasananya bikin sejuk, dingin tapi ngga begitu dingin banget sampe harus menggigil. Udaranya juga bersih, alergi gw yang gampang kambuh aja pada saat di sana sama sekali ngga kambuh!


Awannya rendah banget kan?

Apa sih yang bisa kita liat di Toraja? Pertama yang paling ketara itu adalah rumah adatnya atau yang biasa disebut Tongkonan. Rumah adatnya khas Toraja ini emang agak mirip rumah adat minang kabau. Atapnya ngebentuk tanduk kerbau, bawahnya berupa panggung, tempat mereka biasa duduk dan kumpul-kumpul. Klo diperhatiin detail dari tongkonan itu, ada motif-motif batik Toraja warna-warni. Bukan berupa ukiran tapi gambar yang dilukis langsung di dinding tongkonan menggunakan perwarna alami dari tanah ataupun tumbuh-tumbuhan. Amazingnya, warna-warna itu mampu bertahan selama bertahun-tahun! Kalah sama cat tembok yang kadang berapa tahun aja udah ngelupas.

Toraja yang subur juga banyak dihiasi oleh hijau persawahan yang rapih berjejer. Ngga kalah cantiknya sama sawah hijau di Ubud.


Tongkonan di tengah sawah




7 comments:

Felicity said...

Wowww... Makasih atas liputan dan foto2xnya yang indah. Moga2x suatu saat bisa berkunjung ke Tana Toraja :D

Rini said...

Terima kasih:)
Toraja menarik banget buat dikunjungin, udaranya juga bersih...indah...:)

Rika Safrina said...

wew hotel nya murah juga, padahal keliatan bagus gtu :D

Rini said...

Hotelnya di review di lonely planet tuh. bagus dan pemiliknya ramah...kadang mereka ngasih harga diskon kalo mereka mau:) Dan alhamdulillah kita dapat diskon:)

bundaelly.multiply.com said...

makasih banget infonya... kalo gak ada halangan, awal agustus ini saya ke toraja.
sekali lagi makasih and ... salam kenal :)

Rini said...

Slamat berlibur ke Toraja. Bener2 indah dan ngga akan bosen!:D

Qoreader said...

bulan puasa ini gw mau ke Tanah Toraja nih :) terima kasih infonya yah.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...